Lakukanlah sesuatu itu karena itu memang baik untuk dilakukan, bukan karena apa yang akan kamu dapatkan.

Senin, 18 November 2013

Dosen UNRI Agar Ceritakan Fenomena Riau di Jurnal Internasional

19 November 2013


Pekanbaru, 18/11 (Antara) - Pakar Hukum UI Prof Hikmahanto Juwana SH, LLM, Phd, mengingatkan pentingnya para dosen Universitas Riau mengirimkan hasil penelitian mereka ke jurnal-jurnal internasional agar dapat menceritakan fenomena dan kejadian di Indonesia.
       
"Akan sangat relevan jika hasil penelitian para dosen Indonesia khususnya dari UNRI bisa disuarakan atau diceritakan pada jurnal internasional itu. Banyak kejadian dan fenomena di sini yang bisa diceritakan," kata dia di Pekanbaru, Senin.
       
Di hadapan para dosesn dan mahasiswa S2 serta S3 UNRI, dengan topik bagaimana kiat menulis di jurnal internasional bidang hukum, ia mengatakan, tidak relevan jika kita melirik jurnal-jurnal hasil penelitian para dosen negara maju.
       
Sebab, katanya, akan lebih bermanfaat jika fenomena yang terdapat di Indonesia bisa menjadi informasi dan dipelajari oleh negara-negara berkembang seperti Vietnam dan Afrika.
       
"Menjadi suatu kebanggaan bila tulisan pengajar di jurnal internasional dibaca, bahkan dikutip oleh peneliti mancanegara," katanya dan menambahkan disamping itu, tulisan dalam jurnal internasional akan mendorong prestise Universitas dari para penulisnya.
       
Tidak heran, katanya lagi, bila dalam rangka mencapai status 'world class' pengelola universitas mendorong pengajarnya untuk melakukan publikasi di jurnal internasional.
       
Namun demikian untuk dapat menembus jurnal internasional bidang hukum diperlukan sejumlah kiat yakni dengan memilih topik yang sangat penting dan menentukan agar tulisan dapat diterima di jurnal internasional.
       
Terkadang dalam pemilihan topik penulis harus menyesuaikan dengan jurnal internasional yang dituju atau bila topik telah dipilih maka harus mencari jurnal internasional yang mungkin akan menerima karyanya.
       
"Bagi mereka yang belum memilih topik maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, topik yang dipilih sebaiknya tidak yang harus bersaing dengan peneliti mancanegara. Hal ini karena peneliti dan penulis mancanegara akan mempunyai banyak kelebihan. Di antara kelebihan ini adalah koleksi buku dan jurnal asing di Indonesia yang masih sangat minim," katanya.
       
Kedua, ada baiknya topik tidak yang bersifat teoritis mengingat dibutuhkan pengalaman yang panjang dan referensi yang banyak untuk sampai pada tahap ini.
       
Terakhir, ada baiknya topik yang dipilih sesuatu yang ada kaitannya dengan Indonesia. Hal ini karena peneliti Indonesia memiliki banyak kelebihan meskipun ada peneliti asing yang memfokuskan pada topik Indonesia.
        
Misalnya saja peneliti Indonesia lebih sensitif terhadap konteks Indonesia. Apalagi peneliti Indonesia bisa mencari data lebih dalam karena tidak memiliki kendala bahasa. Bahkan sumber-sumber bahasa Indonesia bisa digali.amatan Seberida dibagian barat dan penghubung ke lintas selatan, sekaligus  merupakan jalan elak dari lintas timur.
       
Ruas jalan tersebut memiliki multi fungsi yang membuka arus ekonomi masyarakat Indragiri ke Provinsi Jambi.
Frislidia.
 

tanah untuk keadilan

tanah untuk keadilan

Visitor

Flag Counter

Bertuah

Blogger Bertuah