Lakukanlah sesuatu itu karena itu memang baik untuk dilakukan, bukan karena apa yang akan kamu dapatkan.

Minggu, 10 Februari 2013

Lahan Sengketa Warga Batang Kumu-PT MAI Masuk Wilayah Riau


PEKANBARU - Perkembangan terakhir situasi di Desa Batang Kumu Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau yang sempat bergolak beberapa hari lalu akibat bentrok warga dengan Brimob Poldasu kini mulai kondusif.

Warga sejak Sabtu dan Ahad 4 Februari dan 5 Februari 2012 mulai turun ke ladang untuk bertani membersihkan ladang padi, jagung, dan kacang yang menjadi andalan masyarakat Desa Batang Kumu. Untuk saat ini tidak ada warga menanam kelapa sawit di daerah sengketa tersebut.

Demikian kata Kuasa Hukum masyarakat Batang Kumu M Nasir Sihotang SH kepada riaupos online Ahad petang (5/2) yang saat ini sedang berada di Jakarta. M Nasir  Senin (6/2) akan menghadap beberapa pejabat penting di Jakarta antara lain Kepala Badan Pertanahan Nasional, Dirjenbun, Kementerian Kehutanan, dan lain-lain untuk menyelesaikan masalah ini.

Menurutnya, lima korban yang ditembak Brimob Polda Sumut beberapa hari lalu kini kondisinya sudah agak membaik dan di rawat jalan. Sementara tiga ibu rumah tangga (IRT) yang sempat ditahan di Mapolsek Sosa Desa Padanglawas Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara juga sudah dilepas dan sudah berkumpul lagi dengan keluarga.

Pengobatan korban tembakan ditanggung pembiayaannya oleh Poldasu. Sebelumnya pihak Pemkab Rokan Hulu juga rebutan ingin menanggung biaya perobatan warganya. ''Namun yang Saya tahu akhirnya pihak Poldasu yang menanggung biaya perobatan lima korban penembakan itu,'' jelas M Nasir Sihotang SH.

Menurut M Nasir Sihotang SH, pihaknya sudah mengadakan pengukuran di lapangan di lahan sengketa antara masyarakat dengan PT Mazaro Agro Indonesia (PT MAI) menggunakan alat GPS dan membuka Peta Rupabumi foto udara 1977 lembar 0717-31 skala 1 : 50.000 diterbitkan Badan Koordinasi Survei Pemetaan Dasar Nasional (Bakosurtanal), bahwa lahan yang dipersengketakan itu masuk wilayah Provinsi Riau dan ada 5 km lagi ke perbatasan Sumut.(azf)
 
Sumber :http://www.riaupos.co/berita.php?act=full&id=9128&kat=3
5 Februari 2012

tanah untuk keadilan

tanah untuk keadilan

Visitor

Flag Counter

Bertuah

Blogger Bertuah